Kandungan dan Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Tahukah Anda tentang Kandungan dan Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan? Bawang dayak atau nama latinnya Eleutherine palmifolia merupakan bawang yang berasal dari Suku Dayak Kalimantan.

Jenis Bawang ini memiliki nama lokal yang bermacam-macam, seperti Bawang Dayak, Bawang Berlian, bawang Sabrang dan Bawang Tiwai.

Bawang dayak mengandung banyak zat aktif yang sangat bermanfaat, sehingga wajar saja jika banyak yang memanfaatkan bawang dayak sebagai obat.

Kandungan Bawang Dayak

Berikut ini kandungan bawang dayak :

  1. Polifenol merupakan zat kimia pada tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai antioksidan, sehingga bisa digunakan untuk menetralkan radikal bebas.
  2. Tanin merupakan salah salah satu zat kimia yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan penawar racun dan anti diare.
  3. Alkaloid merupakan salah satu zat yang biasa dimanfaatkan sebagai penahan rasa sakit.
  4. Triterpenold merupakan salah satu zat kimia yang biasa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan menstruasi, gangguan kulit, penyakit diabetes, malaria, kerusakan hati bahkan untuk mengobati patokan ular.
  5. Stroid merupakan salah satu zat kimia yang biasa dimanfaatkan sebagai suplemen pembentuk otot dan kejantanan pada pria.
  6. Glikosida merupakan salah satu zat kimia yang biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak dan jantung.
  7. Fenolik merupakan salah satu zat kimia yang sering dimanfaatkan sebagai pencegah pertumbuhan sel yang abnormal dan anti penuaan.
  8. Flavonoid merupakan salah satu zat kimia yang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, obat anti Inflamasi, pencegah pengeroposan tulang.

Manfaat Bawang Dayak

Berikut ini manfaat bawang dayak :

  1. Mengobati penyakit amandel

Radang pada amandel atau lebih sering di sebut penyakit amandel dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak kecil hingga dewasa, jika dibiarkan begitu saja, maka mereka tidak dapat menelan makanan dengan baik. Guna mengatasinya anda dapat memanfaatkan bawang dayak sebagai obat herbal.

  1. Mengobati sakit perut

Anda yang mengalami sakit perut seperti mual, nyeri maka dapat memanfaatkan bawang dayak sebagai obat.

  1. Mengobati flu

Bawang dayak memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menghambat perkembangan bakteri pemicu flu, untuk itu para suku dayak sering memanfaatkan sebagai obat ketika seseorang terserang flu.

  1. Mengobati hepatitis

Ternyata bawang dayak juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit yang dikatakan berat, seperti hepatitis atau penyakit kuning.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Mengingat kandungan bawang dayak yang sangat banyak, seperti antioksidan dan vitamin C, jadi rasanya tidak heran jika bawang dayak dapat menjaga daya tahan tubuh seseorang. Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu cukup mencampurkannya pada masakan secara teratur.

  1. Mencegah tumor dan kanker

Bawang dayak memiliki kandungan bernama Naphtoquinones yang mana senyawa tersebut memiliki kandungan yang dapat mencegah timbulnya sel tumor maupun kanker,  sehingga banyak yang memanfaatkan bawang dayak sebagai penghambat timbulnya sel tumor dan kanker pada seseorang dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Apalagi penyakit tersebut cukup ganas, yang mana kebanyakan pasien tumor dan kanker berujung kematian, sehingga alangkah baiknya anda melakukan pencegahan daripada pengobatan.

  1. Pencegah perkembangan virus, bakteri dan mikroba

Virus, bakteri dan mikroba adalah penyebab terbesar dalam timbulnya penyakit di tubuh seseorang, apalagi ketika seseorang sudah terserang penyakit tertentu maka bisa jadi penyakit lain dengan mudah menyerang tubuh seseorang. Guna mengatasinya atau pencegahannya anda dapat menggunakan bawang dayak.

  1. Mencegah timbulnya infeksi

Bagi anda yang sedang memiliki luka dan khawatir dapat timbul infeksi, maka anda dapat memanfaatkan bawang dayak untuk mencegahnya.

You May Also Like

About the Author: yaru-mana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *