Pengertian Bioteknologi Dan Jenis Jenisnya

Pengertian Bioteknologi Dan Jenis Jenisnya

Tahukah Anda mengenai Pengertian Bioteknologi Dan Jenis Jenisnya? Bioteknologi mungkin tidak begitu familiar dan masih banyak orang yang asing mendengarnya.

Padahal, sejak ratusan tahun silam, bioteknologi sudah akrab dalam kehidupan sehari- hari manusia.

Coba tengok di dapur Anda, di sana terdapat tempe, roti, keju dan anggur yang diperoleh dari proses bioteknologi.

Proses fermentasi dari jamur ragi ini bisa menghasilkan aneka makanan dan minuman lezat untuk manusia.

Proses yang menggunakan mikro organism semisal bakteri, cendawan atau jamur ragi inilah yang menjadi cikal bakal bioteknologi.

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi didapat dari dua kata yaitu bio dan teknologi. Bio adalah hidup dan teknologi adalah metode atau cara.

Oleh karena itu, bioteknologi bisa diartikan dengan suatu proses atau metode yang menggunakan organism kehidupan untuk menghasilkan suatu produk berguna bagi manusia dalam kehidupan sehari hari.

Jenis-jenis Bioteknologi

Dalam praktiknya, bioteknologi dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern. Cek uraian di bawah ini untuk ulasan lengkapnya:

1. Bioteknologi Konvensional/Tradisional

Secara harfiah, bioteknologi tradisional adalah metode yang dipakai manusia untuk menghasilkan makanan dan minuman memakai organism hidup secara tradisional.

Mikro organism sengaja dipakai karena bisa menjadi sumber daya atau tenaga kerja yang ‘gratis’ tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam seperti bioteknologi modern.

Contoh – contoh bioteknologi tradisional

Bioteknologi tradisional sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Misalnya untuk bahan membuat makanan dan minuman, seperti:

  • Tempe
  • Tape
  • Oncom
  • Kecap
  • Yogurt
  • Keju
  • Mentega
  • Dll

2. Bioteknologi Modern

Di era mutakhir, maka bioteknologi juga turut beralih ke arah yang lebih maju lagi. Para peneliti menggunakan prinsip bioteknologi modern untuk memudahkan umat manusia dalam berbagai bidang.

Akhir – akhir ini dalam perkembangan ilmu pengetahuan, peneliti tidak hanya memanfaatkan bioteknologi untuk bahan makanan saja.

Melainkan sudah merambah ke dunia medis. Seperti rekayasa genetik, menciptakan sumber energi baru dan mengatasi isu global seperti polusi dan global warming.

Contoh- contoh bioteknologi modern:

Bioteknologi modern bisa dilihat dalam kehidupan sehari- hari misalnya:

  • Rekayasa genetik

Kedokteran di era kekinian berkembang pesat dengan bioteknologi. Misalnya untuk membuat vaksin anti bodi yang bisa mengatasi racun dari virus dan bakteri.

Pembuatan antibiotik juga dipengaruhi oleh penemuan bioteknologi pada era Perang Dunia ke 2 di Amerika Serikat dan Inggris untuk membantu penyembuhan luka korban perang.

  • Bioteknologi untuk pertanian

Pertanian juga membutuhkan unsur nitrogen dalam meningkatkan produksi. Bioteknologi pertanian dipakai untuk mengikat nitrogen dari akar sehingga tumbuhan polong – polongan dapat terpenuhi kebutuhan nitrogen.

Selain itu, dengan rekayasa genetik bioteknologi di bidang pertanian, peneliti juga bisa mendapatkan hasil tanaman yang lebih kebal terhadap penyakit.

  • Bioteknologi untuk peternakan

Bioteknologi peternakan misalnya untuk meningkatkan produksi susu pada sapi perah betina.

Dari yang semula tingkat produksi rendah bisa ditingkatkan hingga 20%.

Metode bioteknologi diterapkan dengan cara menyuntikkan hormon pertumbuhan tertentu sehingga produksi susu bisa meningkat.

  • Bioteknologi untuk sumber energi baru dan proses limbah

Bioteknologi yang memanfaatkan organism hidup bisa mengolah sampah dan limbah untuk menghasilkan sumber energi baru.

Misalnya untuk biogas yang diperoleh dari fermentasi limbah atau kotoran hewan sapi. Limbah ini akan menghasilkan gas metana yang dapat dipakai memasak seperti gas LPG.

Sementara itu, bioteknologi untuk mengolah limbah terutama untuk mengurai sampah plastik dan memisahkan limbah minyak yang ada di dalam air.

Proses ini memanfaatkan mikro organism berupa bakteri Acinetobacter calcoaceticus.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Bioteknologi Dan Jenis Jenisnya. Semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: yaru-mana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *